Manual Manajemen Risiko Khusus Bank Syariah

Risk Managements 1176 views

Revisi manaual manajemen risiko sudah berhasil diselesaikan pasca konsinering terakhir di Bromo. Atas dasar manual yang sudah dilakukan overhaul agak menyeluruh ini, manual khusus bank syariah sudah juga diselesaikan, atas kerjasama antara BAra dengan Asbisindo (Asosiasi Bank Syariah Indonesia).

Selanjutnya, BARa dan Asbisindo akan membuat dan mengupdate bank soal (MUK) untuk manajemen risiko bank umum dan juga MUK edisi bank syariah. Memang MUK yang digunakan saat ini sudah terlalu lama beredar dan perlu dilakukan reviatalisai. Asosiasi yang bertanggungjawab memelihara kualitas dari manual UKMR dan MUK, dan LSPP yang melaksanakan proses UKMR.

Hari ini sudah dilaksanakan pemhasan final UKMR khusus bank syariah, betempat di kantr pusat BNI syariah, jl Rasuna Said, jakarta, dihadiri oleh Direksi BNI syariah, BARa dan Asbisindo. Nantinya pejabat bank syariah yang akan mengambil UKMR akan menggunakan manual khusus bank syariah ini, dengan MUK yang dibuat khusus atas dasar manual yang baru ini.

Setelah MUK selesai yang diatargetkan dalam dua - tiga bulan kedepan, pimpinan asosiasi BARa dan Asbisindo akan secara resmi meminta LSPP menggunakan MUK dalam kaitan pelaksanaan UKMR bagi pejabat perbankan syariah di Indonesia.